RSS

Apa bedanya air kotor dengan air bersih?

20 Apr

Pertanyaan yang tak perlu dijawab.

“Sebuah got depan rumah” adalah hasil dari rendahnya kemampuan bernalar institusi negeri ini sejak merdeka. Jalur air kotor dan jalur air bersih (atau air hujan) adalah mutlak dibedakan sejak membangun fondasi sebuah rumah. Jika tidak, maka yang terjadi adalah saluran depan rumah itu membawa campuran air hujan dan air kotor yang selanjutnya dialirkan ke kali atau anak Kali Ciliwung. Yang lebih parah lagi, banyak perumahan kumuh tumbuh puluhan tahun tanpa ada saluran buangan sama sekali (alias langsung buang ke sungai!).

***

Pernahkah kita berpikir lebih lanjut saat nonton film action buatan Hollywood? Banyak adegan kejar-kejaran di gorong-gorong bawah tanah itu tidak membawa pesan eco-label “Hey, ini untuk saluran air bersih, kalau-kalau hujan besar melanda kota New York.” Toh, kita ke bioskop untuk nonton adegan seru, bukan untuk mengkaji berapa tinggi dan panjang saluran itu, atau untuk mengukur kecepatan air mengalir versus tinggi air laut pasang, dan seterusnya.

Gambar di bawah ini saya ambil dari mit.edu untuk mengalokasikan buangan (sewerage, atau air kotor) yang bisa diproses lebih lanjut (untuk pupuk atau memang dibuat steril saja).

Atau gambar di bawah ini yaitu tentang “man hole” yang merupakan kumpulan dari banyak air buangan manusia (gambar diambil dari bmu.de).

Selanjutnya untuk air bersih, bisa dialirkan langsung ke bumi dengan sistem sumur resapan atapun dapat diproses untuk dijadikan air minum.

***

Untuk belajar mengolah sumber daya air ini, buangan manusia atau air hujan, ada baiknya kita menengok negara kecil mungil macam Singapura yang sukses membuat konsorsium 6 industri lokal menangani teknologi, perangkat, konsultasi, integrator sistem, rekayasa proyek dan konstruksi, serta operator perangkat proses air dan air kotor untuk beberapa titik di Singapura. Klik sini untuk Singapora Water Solutions Alliance, total water management solutions. Dahulu untuk air bersih, Singapura sangat tergantung akan pasokan Malaysia. Di saat harganya kian tak terkendali, Singapura akhirnya memutuskan untuk memproses semua air di negeri itu.

Sesungguhnya inilah saatnya pemerintah setiap daerah memikirkan arus air lebih baik lagi (karena mungkin pemerintah pusat sudah pusing urus yang lain) mumpung penduduk di daerahnya belum seheboh Jakarta. Sekarang, Indonesia dengan sejuta masalah dan sejuta kepala elit yang tak mampu bersuara satu, solusi air (dan masalah lingkungan hidup lainnya) adalah hal kesekian setelah pesta 2009 kelak. Ayolah, ini saatnya pemerintah daerah memikirkan lingkungan lebih cerdas lagi. Tak usah studi banding ke mana-mana, di Internet semua bahan bisa di-download gratis. Serius!

About these ads
 
11 Komentar

Ditulis oleh pada April 20, 2008 in public policy

 

11 responses to “Apa bedanya air kotor dengan air bersih?

  1. nurul

    Juli 29, 2009 at 5:07 pm

    waw…. kerenzzz
    saya suka gaya anda

     
  2. Tito Sudiatno

    September 12, 2009 at 2:00 pm

    Betul mas, ga usah banyak-banyak cukup 1 orang saja di Jakarta setiap RT seperti anda, pasti didukung warganya, selamat dan terimakasih…

     
  3. Mila

    September 12, 2009 at 9:00 pm

    Malam ini saya menonton National Geographic Channel, dan sekali lagi tentang air bersih dan dampaknya bagi ekosistem. Sungguh miris hati saya melihat bagaimana masyarakat di chesapeake Bay (USA) itu meneliti sakit mikrobakteriosis pada ikan bandeng bergaris… apakah pernah dilakukan oleh pakar di sini? Ataukah pemerintah cq Departemen Perikanan dan Kelautan ataupun pemda setempat peduli jika ada perubahan di Teluk Jakarta? Atau tempat indah lain di negeri ini? Entahlah…

     
  4. air kita

    Desember 12, 2009 at 5:57 pm

    Kita mesti belajar mengolah sumber sumber air. Menurut Organisasi Kesihatan Dunia(WHO), 2 miliar orang kini menyandang risiko menderita penyakit murus yang disebabkan oleh air dan makanan.

    Makanya harus belajar dan seterusnya berobah untuk kebaikan. Iya kalo pasal air, pemerintah Indonesia tidak banyak bedanya dengan pemerintah Belanda dulu. The Dutch care little for the local and poor people so do the current administration and their predecessors! Shame on ‘em.

    Such a pity!

     
  5. zulfikar

    Maret 3, 2010 at 2:24 pm

    Semua informasi tersedia kalau dicari (baik gratis maupun berbayar). Dan orang2 di pemerintahan juga pintar-pintar. Masalahnya tinggal mau atau tidak.. :)

     
    • Mila

      Maret 4, 2010 at 8:22 pm

      masalahnya mau atau tidak… cannot agree more!

       
  6. Silly

    Maret 31, 2010 at 7:30 am

    Sumpah, ini topik yg keren… udah lama saya pengen nulis tentang air bersih, abis kesian aja liat banyak banget orang yang hidup bergantung pada sumber air yang diujung hulu yang lain, justru dipergunakan sebagai jamban dan tong sampah terbesar didunia, semua dibuang ke kali dan selokan… yg akhirnya dihilir… dipergunakan oleh banyak orang yang tidak punya pilihan lain…

    So sad yahhh…

    Thanks for this post, nanti gue link ke sini yahhh

    kangen uyyy… *peluk2*

    BTW, masih suka ke irian bu? :D

     
    • Mila

      April 1, 2010 at 10:25 pm

      Hihihi sssssstttiiilll Jeung Sil Bawel I knew years ago!!! Virtually speaking wkwkwkwk… anyways, thanx for the thumbs *kebiasaan fesbuk* meaning, for the appreciation. Di rumah gw seupil ini, di belakang ada penampungan air langsung ke bumi (bio pori tapi sekian lapisan serat dan batu kerikil dkk) jadi kalau hujan lebat itu air enggak semua ke got atau sungai, sebagian kecil masuk ke perut bumi langsung biar enggak kopong di bawah rumah dan kalau tanahnya geser, rumah bisa retak (catatan: ini gw pelajari dari suami!).

      Btw, gw udah jarang update blog karena sibuk fesbuk tweeps gak jelas, tapi memang domestik lagi butuh perhatian ekstra. Daaag emak-emak gaol!

       
    • Mila

      April 1, 2010 at 10:26 pm

      eh Irian yah… dah jarang, ngurus sekolah anak dan makan suami ajah dulu hihihihi

       
  7. ali

    Februari 26, 2012 at 9:33 pm

    bisa tdk d jelaskan tentang pembuangan air kotor dan sumbernya saya lagie punya tugas nie

     
  8. febi indah sari

    April 29, 2013 at 3:18 pm

    katanya ada perbedaannya disini mana
    ni pertanyaan untuk kamu tolong jawab ya karena ni tugas
    bagaimana cara mengetahui perbedaan air bersih dengan air kotor?

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 259 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: