Liputan roadshow versus iklan koran dan radio
(Publicist’ strategy versus advertising strategy)
Bad angle (she’s stilll quite) versus stale topics (poverty)
(Wartawan ‘kebelet’ atau kekecewaan korban Lapindo menjadi pesan tegas liputan roadshow; mengapa media tidak mengangkat nilai positifnya? Speaking of positive angle, mengapa angkat isu kemiskinan, bukankah remedy & positive outlook lebih enak dilihat daripada kesengsaaran yang semua orang sudah tahu?)
***
Tahun 2009 adalah waktu yang tidak terlalu lama. Beberapa “kandidat” sudah ambil langkah galang reputasi. Ada berbagai isu yang diangkat, ada yang tidak terlalu menarik.
Melakukan kampanye lebih awal bisa menjadi bumerang jika tidak ditangani secara teliti dan strategis. Kesalahan kecil (agenda roadshow meleset) bisa menjadi masalah besar. Topik memerangi kemiskinan juga tidak menjawab jika tidak dibarengi dengan paparan-paparan pemikiran yang komprehensif.
Intinya, mencuri start kampanye tidak selalu menguntungkan. Dan rakyat malah tidak tertarik untuk menengok lebih jauh lagi. “Yang konkret-konkret aja deh…”