RSS

UKM Way

03 Des

Terhormat saya bisa berdialog dengan kawan-kawan pelaku UKM se-Jakarta yang baru selesai pameran di kawasan Tanah Abang. Dialog ini membuka mata saya bahwa ada beberapa hal yang harus ditingkatkan; bukan dari kualitas pengelolaan UKM itu sendiri, tapi lebih pada pengelolaan pameran dan sarana promosi lainnya. Acara dan peserta dalam pameran itu banyak, tapi tidak dikomunikasikan ke publik secara luas. Sehingga yang terjadi adalah pengunjung pameran itu semuanya hanya peserta pameran; tak ada pembeli ataupun peminat barang-barang UKM.

Hari Minggu, 2 Desember 200, salah satu agenda penutupan pameran adalah paparan “Pemanfaatan Media bagi UKM” yang sejak awal memang diharapkan untuk pengenalan media massa alternatif guna mempromosikan usaha pelaku UKM. Antusiasme peserta mulai naik saat saya nyatakan “gratis” jika ingin membuat blog dagangan Bapak-bapak dan Ibu-ibu. Bayangkan, lebih dari setengah audiens belum pernah mencoba akses ke internet, dan yang sudah pun semuanya belum tahu bagaimana membuat blog.

Saya akui memang menjadi tugas kantor dinas provinsi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan untuk itu saya diundang untuk memaparkan sesuatu yang mungkin bisa berguna untuk pengembangan promosi usaha mereka. Studi di Jepang, Australia, New Zealand tentang SME (small medium enterprise) jelas menjadikan UKM sebagai sektor pembangunan yang tak kalah penting. Sayangnya, media massa menganggap sub-sektor bisnis-investasi ini kurang seksi diliput; karena angka transaksinya tidak terlalu fantastis? Lebih tidak seksi lagi jika disanding dengan berita politik dan kriminalitas. Di Jepang (Mangara Tambunan, 2001) bahkan menegaskan pentingnya informasi sebagai satu dari 8 institusi yang bertanggungjawab mengembangkan UKM di Jepang.

Dalam keterbatasan waktu, saya usulkan ke kawan-kawan di sana sebuah ide berkumpul lagi kelak untuk berbagi pengalaman nge-blog. Janji saya kepada kawan-kawan pengrajin keramik, mainan kayu, mukena dan garmen wanita, kaos, saya akan mengusulkan ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jakarta untuk mengadakan pelatihan satu hari gratis bagi mereka yang ingin nge-blog di wordpress. Promosi wordpress nih!

🙂

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 3, 2007 in small medium enterprise, UKM, usaha kecil menengah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: