RSS

Sports Economics

17 Des

Pernah dengar nama PM Dawson (bukan PM Dawn) atau Stefan Szymansky? Dua bulan terakhir ini kedua nama ini sungguh melekat di kepala saya. Keduanya adalah akademisi yang khusus mengkaji sports economics atau ekonomi olahraga. Betul! Olahraga (dan tentu big-bucks industry di belakangnya) bisa dihitung dan dikaji secara ilmiah. Rantai penawaran sebuah klub sepakbola atau biaya mendirikan stadion bisa digambar titik kekuatannya atau dihitung untung-ruginya. Bukan main!

 

Ini adalah bagan titik kekuatan yang saya tiru dari teorinya Grievink “Supply Chain Funnel Europe” untuk rantai pasar input hulu, pasar input hilir hingga ke pasar output toko ritel di Eropa. Kalau di ritel, titik kekuatannya ada di “buying desk” dan “supermarket format” sebelum masuk ke outlet atau customers dan consumer, kalau di industri persepakbolaan ada di asosiasi klub. Dia yang menentukan harga hak siar hingga mengatur transaksi transfer antarpemain.

Antonio Miguel Martins dan Anna Paula Serra bahkan menghitung dampak terhadap pasar dari acara-acara olahraga internasional seperti World Football Cup atau Olympic Cup (lihat pdf file tulisan mereka di sini). Untuk sebuah klub membiayai stadion sendiri saja bisa dihitung oleh Stephan Gundel dan Achim Hecker (lihat juga pdf file tulisan mereka di sini). Semua tulisan ekonomi olahraga ini bahkan bisa ditemui di Jurnal of Sports Economics (lihat sampel gratisnya di sini).

Masih segar dalam ingatan kita betapa atlet kita terseok-seok di ASEAN Games ke-24 di Thailand. Mungkin ada baiknya di masa mendatang kita mulai berhitung-hitung kekuatan dan kelemahan. Dengan pemikiran terstruktur, di satu titik mungkin anggaran atau dukungan finansial tak lagi menjadi kelemahan. Alasannya: semua cabang olahraga di negeri ini bisa menjadi industri yang menguntungkan.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 17, 2007 in sports, sports economics

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: