RSS

Situs Direktori Pemerintahan

19 Des

Ada satu hal paling mendasar dalam frasa “kebijakan publik”, bahwa kebijakan dibuat untuk kemaslahatan publik. Pengambil kebijakan adalah orang yang diberi amanat [oleh publik]. Banyak penjabaran alamiah dan termutakhir yang bisa dipaparkan, tapi yang ingin dibahas kali ini adalah situs direktori pemerintahan sebagai bagian dari pemerintahan yang bertanggungjawab terhadap rakyatnya.

Silakan membuka www.direct.gov.uk dan bandingan dengan www.indonesia.go.id, dan bila diperhatikan kedua situs direktori pemerintahan ini memiliki “nyawa” yang berbeda. Situs direktori Inggris melulu mengangkat pelayanan publik di segala sektor dan memudahkan proses administrasi rakyatnya. Dibagi dalam kategori:

* Crime, justice and the law
* Education and learning
* Employment
* Environment and greener living
* Health and well-being
* Home and community
* Money, tax and benefits
* Motoring
* Rights and responsibilities
* Travel and transport

Bandingkan dengan http://www.indonesia.go.id:

* Profil Indonesia
* Visi Misi Dan Strategi
* Departemen/Kementerian
* Perwakilan Negara
* Pemerintah Daerah
* LPND
* BUMN/BUMD

“Aku adalah pengambil keputusan negeri ini” dan “aku adalah pelayan publik negeri ini” adalah dua hal yang berbeda.  Saya menemukan situs Sragen (www.sragen.go.id) sebagai situs sederhana yang memakan waktu lama dibuka, dan situs www.kebumen.go.id sebagai ajang kampanye Pilkada 2008. Sragen mencantumkan “Pelayanan Publik” namun hanya nomor telepon dan alamat kantor polisi dan lain-lain. Kebumen lebih banyak lagi daftar direktori alamat dan nomor telepon, namun memiliki banyak ghost link atau bagian yang tercantum namun tak bisa diakses.

Yang sama dari situs-situs pemerintahan Indonesia adalah: tak ada informasi detail “how to” yang menjelaskan kepada publik tentang segala peraturan perundangan. Situs adalah salah satu bentuk good governance dalam rangka menjalankan amanat dan semangat reformasi di negeri ini. Situs pemerintahan daerah adalah cara untuk mengkomunikasikan kesepakatan atas aturan main di daerah tersebut. Satu yang mungkin bisa membantu di waktu dekat adalah apabila situs-situs pemerintahan juga mencantumkan Q&A (questions & answers) bagaimana menjadi rakyat Indonesia yang baik. Bagaimana?

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 19, 2007 in good governance

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: