RSS

Thoughts of the Day

08 Jan

Franklin D. Roosevelt:

It is common sense to take a method and try it.

If it fails, admit it frankly and try another.

But above all, try something.

Frank Roosevelt adalah tokoh luar negeri yang namanya cuma saya dengar di film-film blockbuster. Saya belum pernah baca biografinya, tapi Roosevelt membuat retorika tentang “sukses” yang menjadi dasar perenungan saya malam ini.

***

Menarik, jika ada iklan yang berani bilang “sukses adalah enjoy yang tertunda”. Satu, karena enjoy bukan bahasa Indonesia, kedua sukses bukan gagal yang tertunda. Saya menyamakan pameo ini dengan kalimat: “Untung cuma lecet” padahal luka di dengkul itu perih sekali.

Keduanya sama-masa mekanisme defensif dari psyche yang teramat mudah. Karena mudah, saya mau gunakan “kunci sukses” dalam setiap kegiatan dan pemikiran saya:

  1. Seminggu terakhir saya kirim email ke seluruh dunia untuk mengucapkan selamat tahun baru; dan 90% membalas dalam 1-2 hari saja. Silaturahmi adalah tradisi tak kenal ras atau agama. Saya telah sukses menjaga persahabatan dengan birokrat dan industrialis di segala belahan dunia. Checked.
  2. Hari ini saya telah sukses menunda sebuah tulisan; hasilnya adalah kekecewaan. Tapi saya telah sukses membuat diri saya berjanji untuk lebih baik: next time, do not procrastrinate. Checked.
  3. Besok saya memiliki janji bertemu seorang sahabat untuk menyampaikan sebuah konsep baru berbisnis. Apapun hasilnya nanti, kali ini saya mau gunakan ucapan Frank Roosevelt: at least I try. Checked.

Masih ada banyak tindakan-tindakan setiap detik yang kita lakukan (atau tidak lakukan) dan hasilnya selalu “sukses”. Gunakan kalimat-kalimat positif untuk mengunci kesuksesan Anda.

Checked.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 8, 2008 in success

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: