Steve Ballmer, Eric Schmidt, Jerry Yang, David Filo
Dahulu saya ingat ada jargon “Do you Yahoo!”. Sayangnya saya akan menjawab “No, I don’t.” Jika mencari dokumen atau berita apapun dengan Yahoo!, saya lebih sering tersesat. Saya merasa lebih nyaman menggunakan Google. Sehari bisa seratus kali saya menggunakan Google untuk mencari apa saja. Seumur hidup memang baru dua kali saya klik iklan di halaman hasil pencarian. Penasaran saja.
Rencana Yahoo! untuk kawin dengan Microsoft berarti membungkus iklan online dua kali lipat hingga $80bn (£40.2bn) di tahun 2010. Biaya sebesar $1bn (£503m) juga akan diselamatkan setiap tahun operasionalnya. Jika tak ada halangan, pertengahan tahun ini mereka akan sepakat untuk M&A, dalam bentuk pembelian saham Yahoo! sebesar 62% dari harga premium pasar bursa. Yahoo! mungkin akan menjual sebagian dari saham lainnya ke konglomerasi media lain, seperti Yahoo!Sports ke EPSN dan seterusnya. Devils are still in the details.
Tak ada friendly take over yang terjadi di saat satu perusahaan merugi. Alias jika saham Yahoo! menukik 23% seiring dengan buruknya perekonomian Amerika Serikat akhir-akhir ini, Yahoo! harus cepat melakukan revitalisasi. Tak ada media mogul lain yang sedigdaya Microsoft untuk urusan bisnis piranti lunak plus portal. Banyak yang meramalkan MSN akan langsung dicoret jika Yahoo! masuk dalam jajaran Microsoft.
Hari ini Google menyatakan tindakan ini adalah usaha hostile take over yang merusak persaingan usaha. Bayangkan saja jika kelak setiap bungkus piranti lunak Microsoft yang baru bisa memberikan fasilitas super-fantastis yang belum pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya. Apapun itu…
Rumornya Google hari ini juga memasukkan penawaran ke Yahoo, untuk menyalib Microsoft, tentulah tinggal ditunggu uang siapa yang lebih panas. Dog eat dog, ini adalah istilah sebuah pasar yang sudah sangat kompetitif.
Search engine market is pretty huge. Don’t think bigger portal. Think how they intrude into our daily typing life. Pretty deep into our lives, right? Either Yahoo! or Google, they know when, how much, what we are looking for 24 hrs a day! No secret…