RSS

Saya Tetap Membaca Koran Cetak Kok!

08 Feb

Siang hari ada Kompas Update (biasanya hanya halaman depan saja), dan sudah lama Koran Tempo memperkecil dimensi kertasnya. Tak satupun dari media cetak offline yang mampu berinovasi selain downsizing (alias pecat karyawan yang tidak kompeten) atau columnsizing (alias jurnalisme awam; baca: citizenship journalism). Yang terakhir tentu terkait dengan downsizing, agar tak terlalu banyak reporter yang ditanggung Jamsostek-nya, cuti hamilnya, dan fasilitas wajib lain.

Harian atau daily newspaper adalah media yang 80% hidupnya tergantung dari iklan. Kue iklan harian di Amerika Serikat tidak banyak berkembang. Sejak 1990, naik hanya  5-10% setiap tahunnya. Bahkan di tahun 1991 hingga 1993 cenderung turun seperti halnya tahun fiskal 2007-2008 ini (turun 7%!).

Banyak cara agar media cetak hari ini mampu bersaing secara sehat (apalagi yang tidak sehat, tapi tidak akan saya bahas kali ini di sini). Yang mungkin sudah terpikir oleh beberapa pemimpin perusahaan adalah membuat edisi online yang bisa di-update setiap detik. Yang belum terpikir adalah konsep long tail yang menunjukkan cara bahwa segala sesuatu online itu berjaringan dengan mudah dan murah. Lebih lanjut, dari sisi pemasaran, cara berjaringan online ini pun diterapkan bergandengan dengan media cetaknya; walhasil harga iklan yang dipaketkan antara media cetak dan online-nya bisa menjadi lebih menarik. Banyak cara untuk inovasi, tapi lebih banyak lagi cara untuk efisiensi.

 newspaper.jpg

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 8, 2008 in business, media, newspaper

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: