RSS

Blog Juga Manusia

09 Feb

Podcasting, Wikis, Ontologies, Ruby on Rails, Concept mapping, Ajax, UDDI, P2P, SOAP, Mash-ups, Topic maps, REST, Re-mix, V-casting, Owl, P2P, Ruby, SOA, LAMP, WDSL, Blogosphere, Flex, Atom, SAML, PHP, Vlogs, Splog, RDF, XML, Folksonomies

Talk Your Blogwalk?

Awal nge-blog adalah text-base (ingat Wordstar?). Kemudian saya tambahkan gambar; masih hotlinks, sehingga blog pertama saya ditutup oleh pengelolanya. Walau saya sudah cantumkan kredit atas gambar itu, ternyata masih ada yang lebih penting dari copyright, yaitu stolen bandwidth.

Setelah itu memang lebih baik mencantumkan gambar di Flickr atau upload langsung dari WordPress. Kalau menggunakan Flickr sebagai media sosial berjaringan, gambar milik saya itu harus dipasrahkan untuk publik (kecuali di-tag private).

Tidak puas dengan gambar statis, saya cantumkan Youtube sesekali. Atau Slideshare.

digitalidentitymapping.jpg

Tidak puas dengan semua fasilitas standar WordPress atau Blogspot, ternyata masih banyak lagi langkah-langkah untuk membangun sebuah blog. Konsep Long Tail yang dikonsepsikan oleh Chris Anderson merupakan panduan saya selanjutnya. Kalau IRL, namanya sosialisasi (senyum sana, senyum sini, tukar kartu nama dst.)

Hari ini saya makin terjun bebas mencari tahu hal yang tak banyak ditulis dalam bahasa Indonesia ini, seperti:

  • Jangan membuat tag atau kategori yang tidak jamak. Berpikirlah seperti pustakawan membuat kategori. Tak ada tuh tag “Gak Penting” dalam jejeran bukunya.
  • Tak perlu menjadi seorang lulusan jurusan elektro untuk kuasai semua jargon (lihat kelompok jargon di atas), karena sudah ada Wikipedia atau Google untuk mencari definisi apapun. Sayangnya masih, “English, please.”
  • Jadilah blogstalker yang baik. Kunjungi blog kawan yang dikenal ataupun link dari blog kawan yang ternyata penuh dengan kejadian lucu. Jadikan diri menjadi orang iseng. Mengunjungi satu blog satu hari, sambil nyeruput teh manis hangat, sebelum masuk ke pekerjaan sesungguhnya di depan komputer, why not?
  • Yang lebih penting, tinggalkan jejak. Buatlah dialog dengan siapapun. Machine talks to machine, people talk to people. Make conversation (ini ucapan orang yang saya kutip, lupa di mana)

Kira-kira beginilah perjalanan seorang blogstalker yang baik dan benar seperti saya. Vanity, definitely my favourite sin.

* f a i n t e d *

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 9, 2008 in blog, blogging, blogosphere, Blogroll, dialog, vocab

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: