RSS

DOI: Indonesia Belum Biru

24 Feb

Paling gelap warnanya berarti paling siap infrastruktur (kriteria: manusia, jaringan teknis dan hukum). Beruntung sekali Indonesia (secara keseluruhan) tidak diberi warna kuning oleh International Telecommunications Union (ITU).  Padahal ada titik yang sudah “amat sangat” padat dengan penggunaan teknologi seperti Jakarta atau Bandung atau bahkan Kabupaten Sragen dan Kota Balikpapan, dan ada juga Jakarta coret, Bandung coret atau Balikpapan coret (baca: hutan Bukit Soeharto).

Indonesia masih berwarna hijau yang belum terlalu pekat. Tujuh belas ribu pulau, dua ratus tujuh puluh juta manusia dan milyaran titik blank spot?

digital-opportunity-index-doi-asia.png

Digital opportunity index (DOI) adalah indeks yang dibuat atas kesepakatan internasional untuk indikator teknologi informasi dan komunikasi. DOI adalah perangkat standar bagi pemerintah, operator, pendidik dan periset, serta lainnya untuk melihat jurang digital sendiri serta membandingkan kemajuan antar-negara.

Menarik mengkaji Indonesia secara paralel, bagaimana pembangunan infrastruktur komunikasi dan informasi ini terpengaruh dengan penyebaran penduduk, infrastruktur listrik serta kemampuan setiap warga negara (membeli perangkat hingga menggunakan perangkat secara maksimum).

Iklan
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: