RSS

Jane Austen Book Club

05 Mar

Terus terang ini judul DVD yang belum saya tonton; sudah lama dibeli. Menonton sambil lalu pun perlu waktu dan mood khusus. Sebenarnya sejak SD saya suka membaca novel dan puisi, bahkan pernah berguru pada Pak Sides Sudyarto DS. Sekarang saya kurangi karena tidak banyak berhubungan dengan pekerjaan. Karya sastra saya nikmati sekarang adalah dalam bentuk DVD, baik yang berisi blockbuster ataupun indie movie. Too lazy to read? Probably.

jane-austen-1.jpg jane-austen-2.jpg

Sesekali memang masih membaca karya Adhitya Mulya (crunchy, setengah jam baca selesai!) atau karya istrinya Ninit. Dahulu bacaan saya “Lajar Terkembang” Sutan Takdir Alisyahbana atau “Salah Asoehan” Abdul Muis, dan kalau bacaan yang populer paling-paling cuma karya Arswendo Atmowiloto atau Hilman di Majalah Hai. Tak banyak pilihan memang, tapi deskripsi para maestro ini bisa membawa saya ke langit imajinasi ketujuh.

Terus terang saya iri dengan anak muda sekarang yang bacaan novelnya lebih banyak dari jaman saya dulu. Teenlit, chicklit atau metropop (genre atau istilah pemasaran penerbitnya untuk bacaan perempuan usia belasan hingga awal 30-an) bisa dijumpai di bandara hingga Alfamart.

Sekarang ada Tatyana, Miund, Ninit, Sitta, Fira, Dewi, dan ratusan penulis perempuan muda lain yang patut disimak. Hampir semuanya adalah urban-setting, dan terkadang bisa lebih berani dari sekadar sapaan pergaulan. Terus-terang lagi, saya tak mampu bergaya bahasa seperti mereka; pun jika waktu itu saya seusia mereka. Banyak juga yang telah diterjemahkan ke dalam medium layar lebar dan layar kaca. Bayangkan lagi dahulu hanya ada Hilman dan Mas Wendo yang ngocol. Sekarang penulis perempuan–apalagi karya mereka–jumlahnya melebihi uban di rambut saya. Memperhatikan sampul buku karya mereka saya bisa terkagum-kagum. Bandingkan saja dengan kualitas buku karya penulis Malaysia atau India. Garing.

books.jpg

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 5, 2008 in books, buku

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: