RSS

Formulir Isian Warga Negara (per keluarga)

11 Mei

Malam ini saya menuntaskan pengisian formulir Isian Warga Negara yang didistribusikan khusus oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tadi sore ibu-ibu arisan (yang kebetulan berkumpul di rumah saya) ramai menanyakan bagaimana mengisinya. Mulai dari nama lengkap Ketua RW hingga pengisian nomor induk ayah/ibu dari kepala keluarga. Saya yang tadinya ‘menyerahkan’ pengisian ini sepenuhnya ke suami, jadi penasaran. Kebetulan suami saya belum menyerahkan ke koordinator RT. Saya akhirnya turut membaca dan menuntaskan pengisian formulir tersebut.

*ahem*

Ada beberapa catatan untuk proses pendataan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini.

Upaya yang patut diacungi jempol, tangan kanan dan kiri saya.

Ada beberapa hal yang agak sulit diisi, di antaranya:

  • Bagaimana membedakan status suami saya yang dibedakan antara ‘kepala keluarga’ dan ‘suami’? Mungkin akan menjadi repot mengisi ‘kepala keluarga dan suami’, ‘kepala keluarga dan istri’ (kalau suami tidak ada), atau ‘kepala keluarga dan ayah mertua’ (jika saya masih tinggal dengan ayah mertua saya).
  • Cacat. Tak ada pilihan untuk yang secara fisik masih sehat.
  • Yang terpenting: tak ada simulasi bersama dengan arahan dari pegawai kelurahan. Hal ini mungkin akan membantu pengisian secara seksama dan epsilon-nya atau kesalahannya akan menjadi lebih kecil.

Dengan dimulainya proses pendataan ini, saya yakin bahwa DKI akan menjadi lebih tertib dalam hal administratif. Pemerintah daerah akan lebih akurat dalam membuat cetak biru bagaimana meningkatkan kesejahteraan warganya. Sukses untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. It surely is a smart start. Salute for Pak Foke!

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 11, 2008 in census, DKI Jakarta, statistics

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: