RSS

Langkah Strategis, Belok Kirrrriiiii, GRAK!

01 Sep

Microsoft mungkin entitas paling haus ekspansi di jagad — asli, tak hanya maya — ini. Setelah gagal membeli Yahoo dengan tawaran AS$47.5 milyar tahun ini, akhirnya Microsoft Corporation (Nasdaq: MSFT) membeli (AS$486 juta) Greenfield Online Inc. (Nasdaq: SRVY), sebuah usaha shopping intelligence dan platform live search (pencarian langsung) yang memiliki klien portal belanja besar seantero Eropa dan Amerika Serikat (seperti Amazon dan O2).

Dengan didukung distribusi produk MSFT yang luar biasa luas, bayangkan jika akhirnya SRVY ini kemudian merambah setiap titik e-commerce di dunia ini. Untuk setiap peranti lunak legal, misalnya, ada embedded surveillance program untuk memantau gerakan setiap pengguna komputer dalam kegiatan e-commerce-nya. Bayangkan satu saat (secepatnya!) semua barang dan jasa yang dijual global akan berduyun-duyun menggunakan jasa baru dari merger keduanya, MSFT dan SRVY. Bill Gates tak hanya pensiun dini dengan tenang, tapi juga tertawa lebar.

***

Produk SRVY atau Greenfield adalah ISS (internet shopping survey) dan CSS (comparison shopping survey). MSFT juga telah memiliki Facebook yang merupakan kumpulan manusia-manusia berkawan (full of trusts, of course!) yang kemudian bisa saling merekomendasikan barang dan jasa. Bayangkan jika semua pemantauan itu “dilegalkan” dan semua data pribadi manusia-manusia berkawan itu tersimpan rapi di kantor pusat MSFT? Nowhere to hide…

Multiplier effect dari setiap langkah dari setiap pemain dunia akan membuat target market seperti Indonesia makin lemah dalam kancah perdagangan internasional. Pernikahan MSFT-SRVY-Facebook selayaknya merupakan satu upaya yang mengingatkan kita sebagai HANYA pengguna teknologi internet ini harus siap-siap menyimpan data atau menjaga langkah kita dari intaian korporasi global ini. Percaya deh, satu hari nanti kita makin miskin dan tergantung pada mereka… ew, they’re like narkoba eh?

Iklan
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada September 1, 2008 in corporate america

 

One response to “Langkah Strategis, Belok Kirrrriiiii, GRAK!

  1. dnial

    September 1, 2008 at 9:29 am

    Hanya ada 2 industri yang menyebut kliennya adalah “user”, satu narkoba, yang lainnya IT.

    Sekarang ketahuan sebabnya šŸ˜€

    need.
    that.
    facebook.
    just one.
    just one more time.
    please.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: