RSS

Kontraksi Ekonomi

12 Nov
business-cycle1(investopedia.com)

Kontraksi ekonomi adalah satu fase di mana siklus bisnis berada dalam ekonomi yang menurun. Secara khusus, kontraksi muncul setelah titik tertinggi dalam siklus bisnis. Banyak ekonom menyatakan bahwa kontraksi muncul saat GDP riil sebuah negara terus menurun di dua kuartal atau lebih berturut-turut. Untuk sebagian orang, kontraksi dalam ekonomi bisa menjadi sumber kesulitan, karena di saat kontraksi, banyak orang kehilangan pekerjaan. Kontraksi ekonomi seperti yang terjadi saat Great Depression bisa terjadi bertahun-tahun.

aa-amien-rais2

Terus-terang, saat mengetik ini saya juga geleng-geleng, karena saya multitasking mendengarkan Metro TV. Malam ini, ada wawancara Pak Amien Rais yang berpolemik soal kapitalisme yang tak cocok untuk Indonesia. “Ah sebuah wacana, again, wacana.” Jagonya orang Indonesia itu berwacana doang. Celaan “Amerika itu iblis!” terkesan seperti jargon sepuluh tahun lalu, apalagi di tengah euforia Obama hari ini. Lebih simpatik jika Pak Amien menekankan masa depan, daripada mengumpat masa lalu.

Dunia sudah berubah, dan Pak Amien seakan tak mau berubah. Menggunakan jargon lama, dan menentang Amerika tanpa memberikan solusi. Menghitung international trade tidak semudah 1 kurang 1 jadi nol. Ingat concerted actions dalam sebuah industri, bahkan concerted actions dalam banyak industri sekaligus. Apa yang terjadi di Amerika Serikat, dan berdampak hari ini ke banyak negara di Eropa (pengangguran di Inggris sudah merangkak naik, misalnya), tak boleh disikapi sebagai HANYA salah penduduk Amerika Serikat yang konsumtif pasca 9/11 (low mortgage rate untuk menarik dana masyarakat). Ada masalah di Timur Tengah dan Rusia. Ada juga masalah broker minyak dan gas bumi. Ada juga masalah gagal pasar (di banyak pasar kecil satu negara) dan gagal pemerintah (dengan korupsi yang tak kunjung diberantas tuntas).

Selanjutnya, kalau tak mau dijadikan bola yang ditendang-tendang kekuatan kapital dunia, Pak Amien ingin membangun “kemandirian masyarakat.” Kata kunci “kemandirian”, cukup, Pak? Dalam lima tahun ke depan, jika Pak Amien terpilih, adakah program kerja dengan kata kunci ini? Jika kemarin Bung Fadjroel hanya mengangkat “yang penting calon independen bisa turut berkompetisi di 2009”, saya langsung terpikir Ralph Nader. Intinya hanya jadi bulan-bulanan Obama Girl di Youtube.

Rakyat seperti saya butuh yang lebih konkret dari itu. Sementara saya melihat PNPM Mandiri yang baru-baru ini diluncurkan seakan menyambut 2009 “Hey, kita ‘kan sudah sukses menyelenggarakan [kampanye] PNPM!” Mungkin hasilnya akan terlihat satu hingga dua puluh tahun kemudian, who knows? Jadi, Pak Amien, mandiri yang seperti ini atau seperti Burma? Kita tak mungkin membuat sistem di Indonesia menjadi closed economy, kita juga tak mungkin melakukannya dalam 5 tahun ke depan. Kalau begitu, “short term mandiri” seperti apa Pak?

Banyak hal yang mungkin akan kian membuat kita semua makin pesimis dengan “dagangan” para calon pemimpin negeri ini. Di saat semua orang ingin tampil di media, semuanya memberikan hal yang terlalu muluk. Kalau boleh, saya malah ingin mendengarkan Ibu Sri Mulyani Indrawati atau Ibu Siti Fadilah Supari menyambut kehidupan dan penghidupan rakyat kecil macam saya pasca-Pemilu 2009. Saya berharap yang lebih nyata, lebih jejak ke tanah.

Selamat malam, dan selamat merenung.

tikus-nyerah

Iklan
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada November 12, 2008 in economy

 

One response to “Kontraksi Ekonomi

  1. alventa

    Februari 28, 2012 at 6:46 pm

    Mantap dah,…lanjutkan

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: