Agak lucu rasanya temuan saya malam ini. Ternyata apa yang saya pikirkan tentang manajemen reputasi, terutama perihal istilah yang saya kenal kemarin, yang berbeda dengan istilah ‘online’. Selama ini yang saya tahu memang reputasi itu dibangun bertahun-tahun dan bisa dihancurkan dalam satu kali kejadian krisis. Ibaratnya, rusak susu sebelanga karena nila (racun) setitik.
Ternyata di dunia maya, istilah manajemen reputasi ini adalah bagaimana Anda membangun [reputasi] bisnis agar dikenal oleh mesin pencari Google, misalnya. SEO, search engine optimization, istilah kerennya. Jadi kalau yang di atas itu bagaimana menghindari hal buruk, nah kalau dunia maya hanya “mengenal yang baik-baik” agar dapurnya ngebul terus.
Saya tak suka dengan gambar klip video di bawah ini, seperti ada tombak muncul dari ubun-ubunnya; tapi ucapannya cukup membantu saya belajar lebih jauh tentang dunia maya ini. Selamat belajar, teman.