RSS

Tugas MKTV: Bankrupt

27 Feb

Berdasarkan Oxford Learner’s Pocket Dictionary Fouth Edition terbitan Oxford University Press tahun 2008, “Bankrut atau bankrupt” didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk membayar hutang dan berarti juga kehilangan aset sama sekali. Orang yang dinyatakan bangkrut oleh pengadilan juga disebut banktupt.

Bankrupt adj à 1. unable to pay your debts 2. Completely lacking in anything good.

Bankrupt n [C] (law) à person who is declared bankrupt in a court of law.

Tidak berbeda jauh dengan pengertian tersebut, Wikipedia juga mendefiniskan bankrupt sebagai status legal seseorang maupun organisasi yang tidak bisa membayar hutang kepada pihak yang memberikan hutang.

Bankruptcy or insolvency is a legal status of a person or a organisation that cannot repay the debts it owes to its creditors.

OPINI

Secara sederhana, saya sendiri dapat mengartikan bankrupt sebagai keadaan sebuah negara, organisasi, atau bahkan individu dimana jumlah hutangnya lebih besar daripada aset yang dimilki. Berdasrkan pemahaman ini, maka saya berusaha membuat beberapa contoh terkait kebangkrutan.

• Contoh dari kebangrutan pada level Negara: AS dikatakan bangkrut ketika hutangnya melebihi PDB pada tahun ini.
• Contoh dari kebangkrutan pada level organisasi: Maskapai Adam Air dan Bank Century.
• Contoh dari kebangkrutan pada level individu: Pedagang bakso yang menyewa sebuah ruko tutup usaha karena tidak mampu melunasi hutang atas usahanya itu.

Solusi Kebangkrutan

Lalu jika kebangkrutan sudah di depan mata atau bahkan sudah terjadi, apa yang harus dilakukan? Bukan dengan meminjam makin banyak untuk melunasi hutang. Bukan juga dengan meminjam jumlah uang yang melebihi pendapatan, baik sebagai suatu rumah tangga maupun suatu pemerintahan. Melainkan dengan seperti ini:

“Jika sebuah bank kecil menjadi bangkrut, masalahnya selesai ketika bank itu diambil alih oleh bank lebih besar yang menyuntikkan modal baru kedalamnya. Kemudian, jika sebuah bank yang lebih besar berada diambang kebangkrutan, persoalannya terpecahkan ketika bank tersebut diambil-alih oleh pemerintah, yang menyuntikkan modal tambahan kedalamnya; tetapi jika yang mengalami kebangrutan itu adalah sebuah negara dengan perekonomian terbesar di dunia, seperti AS … Dari mana dana baru akan datang untuk menyelamatkannya?”

Contoh yang mengaplikasikan solusi ini adalah Bank Century yang diambil alih oleh pemerintah dan Bank Mandiri yang merupakan peleburan empat bank yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Exim and Bapindo yang dilakukan pemerintah pada akhir tahun 1990an.

(http://nicoomer.blog.kontan.co.id/2011/02/07/apakah-amerika-serikat-bangkrut/)

OPINI

Karena itulah, agar terhindar dari kebangkrutan, sebaiknya sebuah usaha maupun negara harus selalu menjaga dan meningkatkan pendapatannya agar selalu lebih besar daripada hutang yang dimilikinya, bukan dengan berhutang lebih banyak lagi.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 27, 2011 in education, vocabulary

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: