RSS

Tugas MKTV: Keynesian

27 Feb

Keynesian econnomics atau yang bisa juga disebut keynesianism adalah sebual teori mekroekonomi yang dicetuskan oleh John Maynard Keynes. Ekonomi Keynesian adalah teori dari total pengeluaran dalam perekonomian (disebut permintaan agregat) dan dampaknya pada output dan inflasi.Teori ini mengatakan bahwa baik pemerintah maupun sektor swasta memiliki  peran yang sama-sama penting dalam kebangkitan perekonomian suatu negara.

Teori ini menentang teori laissez-faire, suatu teori ekonomi yang meyakini bahwa pasar dan sektor swasta dapat berjalan sendiri tanpa campur tangan negara. Teori ini berpendapat bahwa kebijakkan sektor swasta terkadang mengundang adanya situasi makroekonomi yang tidak efisien. Maka dari itu, dibutuhkan adanya tanggapan dari pemerintah berupa kebijakan-kebijakan aktif, termasuk kebijakan moneter oleh bank central maupun kebijakan fiskal oleh pemeritah sendiri yang mampu membuat output dari siklus bisnis suatu negara menjadi stabil kembali.

Keynesian percaya bahwa permintaan agregat dipengaruhi oleh berbagai keputusan ekonomi baik dari pemerintah maupun sektor swasta dan kadang-kadang berperilaku tak menentu.

1. Simak
2. Baca secara fonetik
3. Kamus – Lihat kamus yang lebih detail

Keynesian berpendapat bahwa keadaan makroekonomi dapat mempengaruhi perilaku individu ekonomi mikro. Ia berpendapat bahwa kebijakan pemerintah dapat digunakan untuk meningkatkan permintaan pada level makro, untuk mengurangi pengangguran dan deflasi. Jika pemerintah meningkatkan pengeluarannya, uang yang beredar di masyarakat akan bertambah sehingga masyarakat akan terdorong untuk berbelanja dan meningkatkan permintaannya (sehingga permintaan agregat bertambah). Selain itu, tabungan juga akan meningkat sehingga dapat digunakan sebagai modal investasi, dan kondisi perekonomian akan kembali ke tingkat normal.

Menurut teori Keynes, perubahan dalam permintaan agregat, baik diantisipasi atau tidak terduga, mempunyai pengaruh jangka pendek pada output riil dan kesempatan kerja, bukan pada harga. Ide ini digambarkan, misalnya, dalam Phillip’s curves yang menunjukkan inflasi hanya naik perlahan ketika pengangguran turun.

Keynesian percaya bahwa apa yang benar tentang jangka pendek tidak bisa serta merta disimpulkan dari apa yang harus terjadi dalam jangka panjang. Mereka sering mengutip pernyataan terkenal Keynes, “Dalam jangka panjang, kita semua mati,”untuk mengakhiri seuatu perdebatan.

Simak: Baca secara fonetik

Kamus – Lihat kamus yang lebih detail

http://en.wikipedia.org/wiki/Keynesian_economics

http://www.gudangmateri.com/2010/05/teori-ekonomi-keynesian.html

http://www.econlib.org/library/Enc/KeynesianEconomics.html

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 27, 2011 in education, vocabulary

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: