RSS

politicKING

12 Mar

Riuh rendah rupiah melorot itu bisa dilihat menakutkan di satu titik, bisa juga dilihat “fenomena alam” di titik ekstrem lainnya. Buat saya, selama bumi masih berputar, gravitasi masih ada, semua pasti akan terjadi. Mazhab kiri atau kanan itu adalah dinamika menjadi makhluk paling pintar di atas bumi.

Yang menjadi masalah sesungguhnya adalah orang-orang pintar itu suka “mlintir” satu isu demi mencapai tujuan, yang tentu saja berbeda-beda untuk setiap orangnya. Setiap orang itu punya pilihan rasional, yang cenderung terkesan serakah. Rational choice theory sampaikan bahwa manusia cenderung “”wanting more rather than less of a good”.  Niat pun bisa berubah dalam proses “one-shot zero sum game”. Nikung di pengkolan itu adalah risiko politik. Makanya para pemikir politik kelas wahid tak pernah berpikir “one shot” apalagi “zero sum game”. Alasannya? Ya, karena bumi masih berputar.

Naahh, tulisan saya kali ini bukan tulisan galau. Saya mau kerja. Saya tidak mau berisik “kagak penting”. Membangun negeri itu adalah fokus, tidak mudah teralihkan isu-isu kagak penting–apapun itu. Agar menjadi penting, sesungguhnya semua rencana harus menekan risiko politik ke titik terendah sejak awal.

Transparansi informasi adalah cara murah namun jitu untuk menekan risiko itu. Sampaikan saja sejujurnya niat baik. Membohongi rakyat itu sama juga menggali risiko lebih dalam. Tidak menyampaikan saja sudah berisiko. Atau menyampaikan dengan kata berbunga-bunga pun begitu. Be sincere. I know when you lie to me, so cut it out.

politics

PS. Oh tapi ini tetap di-trigger seseorang bilang “maaf” karena satu alasan padahal saya tahu bukan itu alasannya. Just dont lie if you leave all evidence so obvious digitally. See, I am a good stalker of yours!

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 12, 2015 in good governance, transparency

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: