RSS

Mahasiswa dan Jokowi

20 Mar
Salemba UI 20 Maret 2015

Salemba UI 20 Maret 2015

Belum genap satu semester, Jokowi sudah “digoyang” karena kebijakan dalam dan luar negerinya. Terkait kebijakan luar negeri, dukungan global untuk Jokowi seakan mendapat arus balik. Mungkin alasannya adalah kebijakan tidak boleh impor ini itu, hingga kebijakan hukuman mati. Terkait kebijakan dalam negeri memang lebih karena masalah “pelemahan rupiah”.

“Gorengan” yang keluar hari ini bukan masalah itu, tapi isu penanganan korupsi dan melemahnya KPK. Jika dikaitkan semuanya, terkesan memang Jokowi hari-hari terakhir ini menjadi “public enemy”. Hmmm…

Terlepas dari semua isu itu, tak ada kebijakan publik akan terasa hasil (outcome) yang signifikan dalam usia seumur jagung. Dasar manusia instan, yang doyan kopi sachet segala rasa dan mie rasa ayam bawang segala merek, rakyat Indonesia langsung berisik. Tahu gak sih kalau berisik itu juga akan menggoyang bursa dan kurs mata uang? Bounded rationality, tentunya setiap yang berisik ini merasa Jokowi akhirnya sama dengan produk Orba sekalipun. Koplax rationality adalah melihatnya seperti kopi sachet dan mie instan: tinggal seduh air panas, dan perut kenyang. Ealah, usus 12 jari rontok dong kalau disuapi yang beginian terus?

(Ini bukan soal kamu yah! Serius ini lagi kesel sama orang berisik!)

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 20, 2015 in domestic turbulence, foreigb policy

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: