BIMTV
BISNIS INDUSTRI MEDIA TELEVISI
Waktu kuliah: September – Desember 2011
Jumat, 08.00 – 10.30
Tinjauan Umum
Kelas ini merupakan kelanjutan bahasan “media televisi” seperti yang telah dipelajari di kelas semester sebelumnya, Pengantar Media Televisi. Mahasiswa yang telah mengenal TV as we knew it akan diperkenalkan dengan peta global bisnis dan industri media secara luas, dengan segala perhitungan bisnis dan industri terkait. Di era konvergensi ini, media TV merupakan media yang harus bertransformasi secara global. Untuk itu kelas ini adalah ”kamera” yang menangkap gerak langkah para pemilik usaha media TV global dan lokal. Potret dari setiap gerakan ini diawali dengan pemahaman teori ekonomi dasar yang khususnya terkait ”ekonomi informasi dan hiburan”.
Selanjutnya, kelas mengenai diharapkan dapat menghasilkan output video; berupa:
- rekaman presentasi mahasiswa dan dosen di kelas (untuk berbagi informasi kelas ini ke seluruh mahasiswa di Indonesia)
- karya video presentasi (dikumpulkan sebelum UAS) yang merangkum pemahaman mahasiswa tentang kelas ini
Tujuan
Kelas Bisnis Industri Media TV ini ditujukan agar mahasiswa dapat:
- Mengerti kerja roda bisnis media hingga membentuk menjadi industri hulu ke hilir;
- Mengkalkulasikan kondisi mikro & makro dari bisnis media di era digital sekarang;
- Mendeskripsikan kembali kondisi media penyiaran nasional/global hari ini: digital, integrated & converged.
Materi Bahasan
PRIMER
• Blumenthal, Howard J. & Goodenough, Oliver R., “This Business of Television” (1998 – 666 halaman)
• Day, Mila, ”Buku Pinter Televisi” (2003 – 141 halaman)
SEKUNDER
books.google.com (kata kunci “media economics”)
• Djankov, Simeon; McLiesh, Caralee; Nenova, Tatiana & Andrei Shleifer, “Who Owns the Media?” (2001, 62 halaman)
• Holt, Jennifer & Alisa Perren, “Media Industries: History, Theory, and Method” (2009 – 283 halaman)
• Lotz, Amanda D., “The Television Will Be Revolutionized” (2007 – 321 halaman)
• Meyer, Laurence, “Three scenarios for TV in 2015 (2006, 16 halaman)
• Spigel, Lynn & Jan Olsson, “Television after TV: Essays on a Medium in Transition” (2004 – 465 halaman)
• Williams, Raymond & Ederyn Williams, “Television: Technology and Cultural form” (1990 – 164 halaman)
• Wright, Robin; Kenyon, Andrew T.; & Jason Bosland, “Broadcast and Beyond; An Industry Snapshot of Content Control Technologies and Digital Television in Australia” (April 2007)
TERTIER
• http://www.flowtv.org, http://www.fora.tv, http://www.ted.com
• id.nielsen.com
• http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/streaming
• movies.yahoo.com
Dasar Penilaian
- Partisipasi kelas dengan absensi 85% dari total pertemuan, tepat waktu, proaktif di kelas; atau hanya ditoleransi 3 kali dari 14 pertemuan. (NILAI 20%)
- Tugas dan presentasi kelompok yang tepat waktu, kompak, inovatif, original. (NILAI: 10%)
- Kolaborasi tugas dan ujian (NILAI: 10%)
- Tugas akhir “video kelompok” yang tepat waktu, inovatif, original. (NILAI: 20%); yaitu presentasi umum di minggu terakhir Desember 2011 di Auditorium UI.
- UTS (NILAI: 20%)
- UAS (NILAI: 20%)
Peringkat nilai adalah sebagai berikut:
85 – 100 A
80 – 84 A-
75 – 79 B+
70 – 74 B
65 – 69 B-
60 – 64 C+
55 – 59 C
50 – 54 C-
45 – 49 D
0 – 44 E
Untuk nilai I (incomplete) hanya diberikan untuk kasus tertentu setelah mendapat evaluasi dan persetujuan dari PA Departemen Ilmu Komunikasi, FISIP UI.
Catatan Khusus
1. Tugas Individual dan Tugas Kelompok
- Setiap mahasiswa diwajibkan membaca materi bahasan yang ditentukan seminggu sebelumnya.
- Ketentuan tentang tugas dan presentasi kelompok adalah:
TUGAS:
- Maksimum 10 halaman, minimum 1 halaman berisi 3 paragraf
- Diketik rapi; 1,5 spasi; ukuran huruf 12 pt; margin 3 cm setiap sis
- Boleh diberikan visualisasi, boleh hanya tulisan
- Difotokopi untuk dibagikan ke setiap mahasiswa lainnya
PRESENTASI:
- Maksimum 10 menit
- Dipaparkan oleh wakil kelompok
- Boleh dengan alat peraga, boleh hanya berkas fotokopi
- Peraga dan fotokopi materi presentasi harus dipersiapkan sebelumnya
2. Tugas Akhir
- Fokus atas aspek apapun dalam industri televisi di Indonesia ataupun global.
- Ketentuan penulisan tugas akhir (individual) ini sama seperti ketentuan penulisan tugas/presentasi kelompok selama perkuliahan BIMTV.
- Penulisan adalah riset kecil mahasiswa dengan topik yang sudah ditentukan; setiap mahasiswa menentukan topik awal selambatnya 39 November 2011, disampaikan via email (day.amelia@yahoo.com).
- Tugas akhir ini diserahkan via email (day.amelia@yahoo.com) pukul 24.00 ataupun jam kerja di sekretariat Departemen Komunikasi, FISIP UI, selambatnya tanggal 23 Desember 2011. Penyerahan setelah tanggal tersebut dinilai 50%.
- Tugas akhir ini adalah proses, bukan penulisan SKS (sistem kebut semalam). Pemahaman setiap mahasiswa atas materi bahasan BIMTV selama satu semester tercermin dalam tugas akhir ini.
3. UTS – UAS
- Format: esai, kolaborasi
- Soal tak lebih dari 5 (lima) nomor, dengan bobot berbeda untuk setiap nomor.
- Ketentuan penyelenggaraan disesuaikan dengan peraturan UTS/UAS Departemen Komunikasi, FISIP UI.
***
Masalah khusus: jika Anda memiliki atau menghadapi masalah khusus terkait masalah fisik, psikiatris atau hambatan belajar lainnya, Anda harus menyampaikan secara pribadi baik via email, telepon atau langsung bertemu di luar kelas. Selanjutnya masalahnya bisa dikonsultasikan ke PA Departemen Komunikasi, FISIP UI, jika diperlukan.
Kejujuran: penilaian tertinggi akan diberikan ke karya aseli pemikiran Anda. Plagiarisme adalah pelanggaran administratif terberat mengingat kampus FISIP UI adalah rumah pemikir intelektual dan bertanggungjawab. Cantumkan pemilik ide awal jika Anda mengutip karya orang lain dalam tulisan Anda yang menjadi tugas di kelas BIMTV ini.
Jadwal Kuliah
Minggu ke-1: September 16
Intro Perkuliahan & Logika Awal (What makes a biz an industry?)
Tujuan: Mahasiswa memahami logika awal bisnis secara umum atas bahasan dalam kelas ini
***
Minggu ke-2: September 23 (dosen tamu dari BKPM)
Dasar-dasar Ekonomi Mikro-Makro dan Media dalam Negative List
Tujuan: Mahasiswa mendapatkan bekal teori ekonomi mikro dan makro secara sederhana, serta mendapatkan alasan ringkas tentang media dalam “daftar investasi negatif”
***
Minggu ke-3: September 30
Lansekap Media Hari Ini: Telco TV – OTT – Broadcast TV
Tujuan: Mahasiswa mengenal peta industri telekomunikasi, internet dan media global-nasional serta perkembangannya satu dekade terakhir.
***
Minggu ke-4 : Oktober 7
Content & Pipe: Model Bisnis Yang Berubah Karena Teknologi
Tujuan: Mahasiswa mengerti mengapa content merupakan bagian industri media, bukan pada industri telekomunikasi pada awalnya.
***
Minggu ke-5: Oktober 14
Ekonomi Informasi, Ekonomi Hiburan: Income-Substitution Effect
Tujuan: Mahasiswa memahami tradeoff antara bekerja dan senang-senang, yang dirumuskan dalam teori ekonomi “income-substitution effect”.
***
Minggu ke-6: Oktober 21
Presentasi Mahasiswa (paper) tentang Lansekap Media Lokal dan Global
Tujuan: Mahasiswa dapat dengan kritis menyampaikan pendapat atas lansekap media, internet, telekomunikasi lokal/global.
***
Minggu ke-7: Oktober 30
Konvergensi (Platform, Layanan, Alat Perangkat, Industri)
Tujuan: Mahasiswa memahami konsep konvergensi dan perkembangan hingga ke aplikasi keseharian, dan sekilas mengerti dampaknya bagi bisnis media/telekomunikasi.
***
Minggu UTS: Oktober 31 – November 7
***
Minggu ke-9: November 18
From Satellite to Single Market (Global Communication & World System Theory)
Tujuan: Mahasiswa mengenal konsepsi pasar terkait dan pasar tunggal komunikasi yang dikaitkan dengan teori sistem dunia.
***
Minggu ke-10: November 25
Mergers & Acquisition
Tujuan: Mahasiswa mengenal tindakan pemain bisnis untuk efisiensi dan keuntungan atas badan usahanya, khususnya melalui tindakan merger dan akuisisi.
***
Minggu ke-11: Desember 2
Competition & Game Theory
Tujuan: Mahasiswa memahami teori permainan dalam konsepsi persaingan usaha yang sehat.
***
Minggu ke-12: Desember 9
Presentasi Mahasiswa (M&A, Competition and Game Theory)
Tujuan: Mahasiswa dapat menganalsis kasus-kasus M&A yang terkait dengan persaingan usaha dan tindakan efisiensi usaha.
***
Minggu ke-13: Desember 16
Calculating Movie & Sports Program for TV
Tujuan: Mahasiswa mampu menghitung produksi program olahraga dan film untuk media TV
***
Minggu ke-14: Desember 23
International Trade of Content: Glocalization
Tujuan: Mahasiswa memahami konsepsi perdagangan internasional atas isi siaran.
***
Minggu ke-15: Desember 30
Presentasi video (kelas umum)
Tujuan: Mahasiswa mampu memberikan presentasi pemikiran ke rekan kuliah di Departemen Komunikasi FISIP UI
***
Minggu UAS: Januari 2012
***