PMT
Mata Kuliah: PENGANTAR MEDIA TELEVISI
Minggu ke-9 (18 Apr. Kelas A – 19 Apr. Kelas B – 22 Apr. Kelas Paralel)Waktu kuliah: Februari – Mei 2010
Waktu: Senin (14:00-16:30), Selasa (08:00-10:30), Rabu (14:00-16:30)
Ruang: PAU304 (Senin), PAUEX303 (Selasa), PAU306 (Rabu)
Email: day . amelia@yahoo.com
—————————————-
Tinjauan Umum
Apakah televisi hari ini? Pernahkah Anda melihat ’mobisode’ 24 atau ’streaming’ acara Metro TV? Apakah TVRI masih ditonton orang hari ini, dan bagaimana jika TVRI digabung dengan RRI suatu hari nanti? Bagaimana asal-muasal siaran televisi di Indonesia?
Banyak pertanyaan tentang industri penyiaran, khususnya televisi, yang tak bisa dijawab langsung mengingat tak banyak arsip atau kronik pertelevisian di negeri ini. Anda pun tak dapat dengan mudah mengetahui pemilik televisi di balik layar dan kiprahnya dalam politik di Indonesia. Anda mungkin juga masih sumir mengaitkan dampak sosial bagi kehidupan dan penghidupan masyarakat penonton kita.
Kelas ”Pengantar Media Televisi” (disingkat PMT) memperkenalkan aspek-aspek:
– perjalanan sejarah televisi dalam kaitannya dengan perkembangan teknologi dan isi siaran; serta
– peranan televisi di Indonesia, khususnya yang terkait dengan evolusi budaya, politik, sosial, dan kekuatan industri dalam masyarakat.
Tujuan
Kelas PMT ini ditujukan agar:
1. Anda dapat mengurai kembali tahapan perkembangan media televisi baik dalam lingkup lokal, nasional hingga global, terutama terkait perkembangan teknologi dan tren isi siaran.
2. Anda dapat mengaitkan kejadian dalam perkembangan media televisi dengan evolusi dalam masyarakat terutama di aspek budaya, politik, sosial, dan kekuatan industri.
3. Anda dapat mengenali etika dan pengaturan media televisi untuk kemaslahatan masyarakat Indonesia, baik dalam skala lokal ataupun nasional.
Materi Bahasan
PRIMER
• Blumenthal, Howard J. & Goodenough, Oliver R., “This Business of Television” (1998 – 666 halaman)
• Day, Mila, ”Buku Pinter Televisi” (2003 – 141 halaman)
• Day, Mila, “Glocal Media” (2012 – 100 halaman)
SEKUNDER
Pdf File (artikel, silakan unduh dengan gunakan klik kanan mouse Anda untuk menyimpan file)
• Beckers, Tom, “Media File Formats for the Broadcaster” (klik sini)
• Djankov, Simeon D., “Who Owns the Media (klik sini)
• Helland, Knut, “Changing Sports, Changing Media; Mass Appeal, the Sports/Media Complex and TV Sports Rights” (klik sini)
• Horvitz, Robert, “Media Licensing, Convergence and Globalization” (klik sini)
• Jenkins, Henry, “The cultural logic of media convergence” (klik sini)
• Jensen, Michael C., “A Theory of the Press: Entertainment, Bad Guys, And a Search for Certainty” (klik sini)
• Meyer, Laurence, “Three scenarios for TV in 2015” (klik sini)
• Puglisi, Riccardo, “The Spin Doctor Meets the Rational Voter: Electoral Competition with Agenda-Setting Effects” (klik sini)
• Wright, Robin, “Broadcast and Beyond” (klik sini)
• Uricchio, William, “Television’s Next Generation: Technology /Interface Culture/Flow” (klik sini)
• Tay, Jinna & Graeme Turner, Not the Apocalypse: Television Futures in the Digital Age (klik sini)
• Spigel, Lynn & Jan Olsson, “Television After TV: Essays on A Medium in Transition” (halaman 210-223) (klik sini)
Pdf File (data/informasi relevan lain)
• ConnecTV Business Plan (klik sini)
• Television Asia’s Annual Guide 2006/2007 (klik sini)
TERTIER
• http://www.flowtv.org, http://www.fora.tv, http://www.ted.com
• id.nielsen.com
• http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/streaming
• http://www.brightcove.com/en/video-platform/solutions/tv-everywhere
• http://www.youtube.com (cari kata kunci: Warner Music Group)
• movies.yahoo.com
books.google.com
• Djankov, Simeon; McLiesh, Caralee; Nenova, Tatiana & Andrei Shleifer, “Who Owns the Media?” (2001, 62 halaman)
• Holt, Jennifer & Alisa Perren, “Media Industries: History, Theory, and Method” (2009 – 283 halaman)
• Lotz, Amanda D., “The Television Will Be Revolutionized” (2007 – 321 halaman)
• Meyer, Laurence, “Three scenarios for TV in 2015 (2006, 16 halaman)
• Spigel, Lynn & Jan Olsson, “Television after TV: Essays on a Medium in Transition” (2004 – 465 halaman)
• Williams, Raymond & Ederyn Williams, “Television: Technology and Cultural form” (1990 – 164 halaman)
• Wright, Robin; Kenyon, Andrew T.; & Jason Bosland, “Broadcast and Beyond; An Industry Snapshot of Content Control Technologies and Digital Television in Australia” (April 2007)
Dasar Penilaian
- Partisipasi kelas dengan absensi 85% dari total pertemuan, tepat waktu, proaktif di kelas; atau hanya ditoleransi 3 kali dari 13 pertemuan. (NILAI 10%)
- Kelompok: tugas dan presentasi kelompok yang tepat waktu, kompak, inovatif, original. (NILAI: 20%)
- Individu: tugas akhir setiap mahasiswa tepat waktu, inovatif, original. (NILAI: 20%)
- UTS (NILAI: 25%)
- UAS (NILAI: 25%)
Catatan Khusus
1. Tugas Individual dan Tugas Kelompok
a. Setiap mahasiswa diwajibkan membaca materi bahasan yang ditentukan seminggu sebelumnya. Seluruh materi bacaan berupa:
i. Buku yang difotokopi: Blumenthal, Howard J. & Goodenough, Oliver R., “This Business of Television” (1998 – 666 halaman) dan Day, Mila, ”Buku Pinter Televisi” (2003 – 141 halaman)
ii. PDF (powerpoint document file) dikompilasi ke dalam CD (silakan perbanyak CD awal)
iii. situs-situs internet (pranala/link seperti yang tertera di SAP ini)
b. Ketentuan tentang tugas dan presentasi kelompok adalah:
TUGAS:
i. Maksimum 10 halaman, minimum 1 halaman berisi 3 paragraf
ii. Diketik rapi; 1,5 spasi; ukuran huruf 12 pt; margin 3 cm setiap sisi
iii. Boleh diberikan visualisasi, boleh hanya tulisan
iv. Difotokopi untuk dibagikan ke setiap mahasiswa lainnya
PRESENTASI:
i. Maksimum 10 menit
ii. Dipaparkan oleh wakil kelompok
iii. Boleh dengan alat peraga, boleh hanya berkas fotokopi
iv. Peraga dan fotokopi materi presentasi harus dipersiapkan sebelumnya
2. Tugas Akhir
a. Fokus atas aspek apapun dalam industri televisi di Indonesia ataupun global.
b. Ketentuan penulisan tugas akhir (individual) ini sama seperti ketentuan penulisan tugas/presentasi kelompok selama perkuliahan PMT.
c. Penulisan adalah riset kecil mahasiswa dengan topik yang sudah ditentukan; setiap mahasiswa menentukan topik awal selambatnya 15 April 2011, disampaikan via email (day . amelia@yahoo.com).
d. Tugas akhir ini diserahkan via email (day . amelia@yahoo.com) Sabtu, 14 Mei 2011 pukul 23.59. Penyerahan setelah tanggal tersebut dinilai 50%.
e. Tugas akhir ini adalah proses, bukan penulisan SKS (sistem kebut semalam). Pemahaman setiap mahasiswa atas materi bahasan PMT selama satu semester tercermin dalam tugas akhir ini.
3. UTS – UAS
a. Format: esai
b. Soal tak lebih dari 10 (sepuluh) nomor, dengan bobot berbeda untuk setiap nomor.
c. Ketentuan penyelenggaraan disesuaikan dengan peraturan UTS/UAS Departemen Komunikasi, FISIP UI.
4. Masalah khusus: jika Anda memiliki atau menghadapi masalah khusus terkait masalah fisik, psikiatris atau hambatan belajar lainnya, Anda harus menyampaikan secara pribadi baik via email, telepon atau langsung bertemu di luar kelas. Selanjutnya masalahnya bisa dikonsultasikan ke PA Departemen Komunikasi, FISIP UI, jika diperlukan.
5. Kejujuran: penilaian tertinggi akan diberikan ke karya aseli pemikiran Anda. Plagiarisme adalah pelanggaran administratif terberat mengingat kampus FISIP UI adalah rumah para intelektualitas. Cantumkan pemilik ide awal jika Anda mengutip karya orang lain dalam tulisan Anda yang menjadi tugas di kelas PMT ini.
Jadwal Kuliah
Minggu ke-1 (7 Feb. Kelas A – 9 Feb. Kelas Paralel – 11 Feb. Kelas B)
Sejarah Televisi
Tujuan: Mahasiswa mengenal sejarah televisi Indonesia dan global
Bahan yang dibagikan di kelas:
– timeline chart dengan titik penting penemuan media televisi dunia
Kegiatan di kelas:
– introduksi tentang mata kuliah PMT
– pembagian kelompok untuk presentasi atau makalah/paper selama perkuliahan PMT
Bacaan untuk minggu ke-2:
– Day, Mila, “Buku Pinter Televisi, Teknologi Televisi”
Minggu ke-2 (14 Feb. Kelas A – 15 Feb. Kelas B – 16 Feb. Kelas Paralel)
Teknologi Televisi
Tujuan: Mahasiswa mampu mengurut perkembangan teknologi audio-visual dari masa ke masa
Bahan yang dibagikan di kelas:
– bagan saluran televisi: terestrial, kabel, satelit, internet…?
Kegiatan di kelas:
– paparan dosen
– persiapan presentasi mahasiswa minggu ke-3:
- pembagian: kelompok 1 (Palapa C2 dan D), kelompok 2 (Telkom 1 dan 2), kelompok 3 (Cakrawarta 1 dan Indostar 2)
- setiap kelompok melihat situs http://www.lyngsat.com dan mengkompilasi data setiap satelit (sesuai dengan satelit yang ditentukan untuk setiap kelompok)
Bacaan untuk minggu ke-3:
– Meyer, Laurence, “Three scenarios for TV in 2015”
– www.brightcove.com/en/video-platform/solutions/tv-everywhere
Minggu ke-3 (21 Feb. Kelas A – 22 Feb. Kelas B – 23 Feb. Kelas Paralel)
Terestrial, kabel, satelit, internet, mobile
Tujuan: Mahasiswa dapat membedakan antara saluran dengan jaringan televisi serta membedakan model bisnis
Bahan yang dibagikan/diperlihatkan di kelas:
– fotokopi paparan per kelompok
Kegiatan di kelas:
– presentasi mahasiswa: setiap kelompok mengkompilasi saluran TV atau radio di setiap satelit komunikasi Indonesia (kelompok 1: Palapa C2 dan D, kelompok 2: Telkom 1 dan 2, kelompok 3 Cakrawarta 1 dan Indostar 2)
– paparan dosen tentang teknologi saluran televisi terkait model bisnis (iklan, berlangganan atau gratis)
– persiapan presentasi mahasiswa minggu ke-4:
- pembagian: kelompok 1 (tayangan dangdut), kelompok 2 (tayangan sinetron), kelompok 3 (tayangan berita politik langsung/live)
- setiap kelompok membawa kliping berita (online atau cetak) perihal tayangan sukses di masanya, sesuai dengan genre yang telah ditentukan untuk setiap kelompok
Bacaan untuk minggu ke-4:
– Blumenthal, Howard, “This Business of Television” (Part 5)
– situs Nielsen Media Research (id.nielsen.com)
Minggu ke-4 (28 Feb. Kelas A – 1 Mar. Kelas B – 2 Mar. Kelas Paralel)
Fenomena Rating/Share Televisi
Tujuan: Mahasiswa mengenal genre dan tren isi siaran hari ini serta dapat membedakan model bisnis televisi
Bahan yang dibagikan/diperlihatkan di kelas:
– fotokopi paparan per kelompok
Kegiatan di kelas:
– presentasi mahasiswa tentang genre sukses (dangdut, sinetron, berita)
– paparan dosen tentang bisnis televisi (gratis, beriklan dan berlangganan) terkait tayangan sukses
Bacaan untuk minggu ke-5:
– Blumenthal, Howard “This Business of Television”(Part 4, Appendix B/production checklist)
Minggu ke-5 (7 Mar. Feb. Kelas A – 8 Mar. Kelas B – 9 Mar. Kelas Paralel)
Programming & Produksi: Gambaran Umum
Tujuan: Mahasiswa mendapatkan gambaran tentang proses di balik tayangan televisi
Bahan yang dibagikan di kelas:
– fotokopi bagan perencanaan program TV terestrial
Kegiatan di kelas:
– paparan dosen
Bacaan untuk minggu ke-6:
– Blumenthal, Howard “This Business of Television”(Part 4/sports)
– Helland, Knut, “Changing Sports, Changing Media; Mass Appeal, the Sports/Media Complex and TV Sports Rights”
– Day, Amelia, “Bagan Hak Siar Liga Inggris dari Hulu ke Hilir”
Minggu ke-6 (14 Mar. Kelas A – 15 Mar. Kelas B – 16 Mar. Kelas Paralel)
Programming & Produksi: Sports Acqusition (dosen tamu)
Tujuan: Mahasiswa mengenali jalur produksi hingga siar dari sebuah genre tayangan, mulai dari hulu ke hilir, khususnya tayangan genre olahraga
Bahan yang dibagikan/diperlihatkan di kelas: tba (to be advised)
Kegiatan di kelas:
– paparan dosen tamu, Antariksawan Jusuf, Acquisition Manager TVOne, Jakarta
Bacaan untuk minggu ke-7:
– Blumenthal, Howard “This Business of Television”(Part 3)
– Media Licensing, Convergence and Globalization SSRN-id895060
Minggu ke-7 (Mar. 21 – Apr. 1)
UJIAN TENGAH SEMESTER
Minggu ke-8 (4 Apr. Kelas A – 5 Apr. Kelas B – 6 Apr. Kelas Paralel)
Broadcasting Rights & Internet Copyleft (dosen tamu)
Tujuan: Mahasiswamampumembedakan danmenganalisis penerapan sistem hak siar dahulu dan sekarang
Bahan yang dibagikan di kelas:
– fotokopi Creative Commons dan kliping terkait perseteruan hak siar
Kegiatan di kelas:
– paparan dosen tamu (tba, to be advised)
– persiapan UTS
Minggu ke-9 (11 Apr. Kelas A – 12 Apr. Kelas B – 13 Apr. Kelas Paralel)
Broadcasting Rights & Internet Copyleft (dosen tamu)
Tujuan: Mahasiswamampumembedakan danmenganalisis penerapan sistem hak siar dahulu dan sekarang
Bahan yang dibagikan di kelas:
– fotokopi Creative Commons dan kliping terkait perseteruan hak siar
Kegiatan di kelas:
– paparan dosen tamu (tba, to be advised)
– persiapan UTS
Minggu ke-10 (18 Apr. Kelas A – 19 Apr. Kelas B – 20 Apr. Kelas Paralel)
Mobile TV, Internet TV, TiVO, Second life
Tujuan: Mahasiswa mengenal saluran baru dan konsepsi bisnis audio-video masa mendatang
Bahan yang dibagikan/diperlihatkan di kelas: klip mobisode, youtube
Kegiatan di kelas:
– paparan dosen
– persiapan presentasi mahasiswa:
- pembagian kelompok presentasi minggu ke-10
- setiap kelompok melihat atau mengunduh lalu menganalisis isi siaran/bisnis dengan memilih satu dari beberapa pilihan di bawah ini:
- streaming dari salah satu situs TV di Indonesia (Bee Watch, MetroTV)
- video presentasi Ted, Fora, FlowTV dan membuat analisis isi siaran/bisnis video tersebut
- video dari Youtube (Warner Music Group) dan movies.yahoo.com (Angels & Demons, http://movies.yahoo.com/movie/1809951159/info)
- setiap kelompok menuliskan analisis dengan ketentuan Catatan Khusus (Tugas Individual dan Tugas Kelompok)
Bahan untuk minggu ke-10:
– www.flowtv.org, www.fora.tv, www.ted.com
– www.metrotvnews.com/index.php/metromain/streaming
– KLIP MUSIK www.youtube.com (cari kata kunci: Warner Music Group)
– FILM LAYAR LEBAR movies.yahoo.com
Minggu ke-11 (25 Apr. Kelas A – 26 Apr. Kelas B – 27 Apr. Kelas Paralel)
Kupasan Klip Isi Siaran Favorit
Tujuan: Mahasiswa menganalisis dramaturgi isi siaran
Bahan yang dibagikan/diperlihatkan di kelas:
– klip mobisode, youtube
– fotokopi paparan paparan per kelompok
Kegiatan di kelas:
– presentasi kelompok: mobisode vs. streaming
Bacaan untuk minggu ke-11:
– P3SPS (sila unduh di www.kpi.go.id)
Minggu ke-12 (2 Mei Kelas A – 3 Mei Kelas B – 4 Mei Kelas Paralel)
Regulasi Isi Siaran
Tujuan: Mahasiswa mengenal pengaturan isi siaran di Indonesia dan konsepsi di balik pengaturan (privacy, imparsialitas, kemaslahatan publik)
Bahan yang dibagikan/diperlihatkan di kelas:
– fotokopi paparan per kelompok
Kegiatan di kelas:
– paparan dosen
– persiapan tugas akhir individual: pemilihan dan persetujuan topik
Bacaan untuk minggu ke-12:
– UU 32/2002 tentang Penyiaran
Regulasi Televisi Lokal Berjaringan
Tujuan: Mahasiswa mengenal UU Penyiaran dan konsepsi di balik pengaturan televisi berjaringan
Bahan yang dibagikan/diperlihatkan di kelas:
– kliping berita TV berjaringan
Kegiatan di kelas:
– paparan dosen
– persiapan tugas akhir individual: finalisasi kepastian topik
Bacaan untuk minggu ke-13:
– Day, Mila, “Buku Pinter Televisi”
– Jankov, Simeon D., “Who Owns the Media”
Minggu ke-13 (9 Mei Kelas A – 10 Mei Kelas B – 11 Mei Kelas Paralel)
Kepemilikan Media Nasional dan Global
Tujuan: Mahasiswa mampu merunut kepemilikan media [televisi] nasional dan global
Bahan yang dibagikan/diperlihatkan di kelas:
– bagan [mindmap] kepemilikan media global
Kegiatan di kelas:
– paparan dosen
– persiapan presentasi mahasiswa: analisis angle berita politik dari TVOne dan Metro TV dalam sepekan
Bacaan untuk minggu ke-14:
– Jensen, Michael C., “A Theory of the Press: Entertainment, Bad Guys, And a Search for Certainty”
Minggu ke-14 (16 Mei Kelas A – 17 Mei Kelas B – 18 Mei Kelas Paralel)
Kepemilikan Media dan Tren Politik
Tujuan: Mahasiswa mampu menganalisis isi siaran berita vis-a-vis kepemilikan media
Bahan yang dibagikan/diperlihatkan di kelas: kliping keberpihakan media massa terhadap kandidat tertentu
Kegiatan di kelas:
– presentasi mahasiswa (individual, random)
– paparan dosen
– persiapan UAS
Minggu ke-15 (Mei 23 – Jun. 3)
UJIAN AKHIR SEMESTER
Tanggal 14 Mei 2010
PENYERAHAN TUGAS AKHIR