RSS

Murdoch the Merciless

18 Nov

Bicara media global tentu tak lepas dari sosok mammoth Rupert Murdoch. Aksi terakhir News Corporation miliknya adalah mengakuisisi Wall Street Journal (WSJ). Koran finansial ini memiliki edisi khusus Eropa dan Asia yang konon akan “dikecilkan” fungsinya pasca-akuisisi. Sebuah pertarungan jurnalisme vs kapital? Atau lebih luas lagi…

Menempatkan Nicholas Negroponte bersama Louis Boccardi, Thomas Bray, Jennifer Dunn dan Jack Fuller sebagai anggota komite yang mengawasi dapur editorial WSJ, Murdoch tahu benar bagaimana menakar kekuatan.

Nicholas adalah seorang profesor MIT, pendiri banyak entitas online termasuk majalah Wired, dan adik dari wakil Mensesneg Amerika Serikat John Negroponte. Sedangkan Jennifer Dunn (almarhumah) adalah pengurus Partai Republik, dan Louis Boccardi adalah CEO dari Associated Press. Buku Nicholas Negroponte “Being Digital” adalah buku yang saya baca tahun 1997 (dan kemudian saya kagumi karena Nicholas mengucapkan, “Saya hanya menulis masterpiece satu kali, ‘kan orang punya rumah–home, not house–hanya satu saja”).

Murdoch juga membuka akses gratis bagi WSJ edisi online, yang sebelumnya merupakan situs berita internet yang memungut biaya berlangganan. Financial Times (FT), sebagai kompetitor langsung akhirnya juga membuka akses setengah-gratis, karena masih memungut biaya dengan kuota artikel. The Economist, majalah dalam ruang kompetisi yang sama dan sebagai salah satu pemilik Financial Times, kemudian mendukung “kampanye” online yang dilakukan FT. Competition is pretty fierce out there.

Banyak pemain industri berbagai sektor menyimpan keraguan imparsialitas WSJ pasca-akuisisi ini, tapi masih perlu waktu untuk pembuktian. Jejaring Murdoch kian meraja, menyatukan berbagai platform (pipa distribusi), beragam layanan dan jenis industri di bawah kubah News Corporation. Ini adalah suatu hal yang tak pernah terbayangkan oleh siapapun di dunia ini sepuluh tahun lalu. Shockingly interesting?!

Mungkin tinggal selangkah lagi untuk melengkapi konvergensi di dunia informasi dan komunikasi dunia; yaitu di saat News Corp mampu mengakuisisi Nokia atau pabrik perangkat (gadget) teknologi industri lain, maka Murdoch akan menjadi Murdoch the Merciless? Titip salam buat Flash Gordon…

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 18, 2007 in global industry, global media, Rupert Murdoch

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: