RSS

Iklan Ngawur

15 Agu

Satu catatan penting buat siapapun yang mau terjun ke dunia iklan: DETAIL. Pencitraan dalam sebuah tayangan iklan adalah segalanya. Konsep liar sekalipun kalau tak ditunjang dengan detail yang pas, tentunya akan membuat penonton TV di rumah mengernyitkan dahi, “Lah, wong bikin begini saja ngaco apalagi produknya!”. Contoh…

Citra lotion yang menampilan wanita bule menari-nari di depan pengemis dengan alat musik (Erhu, Banhu,  atau Gorhu tak ada di Indonesia karena khas milik etnis China), lalu banyak orang kemudian meletakkan mata uang Hongkong di wadah sang pengemis semberi si pengemis berkata, “Terima kasih.” Perlu dicatat juga: “Citra” adalah merek asli Indonesia yang sekarang sedang ekspansi ke “rasa China’ dan “rasa Jepang” (lihat Maudy sekarang memperkenalkan rumah cantik Citra dengan rasa baru ini. Ada yang kurang pas, baik iklannya bahkan konsepsi baru berbau oriental ini.

Ada beberapa iklan lain yang saya lihat beberapa hari terakhir ini agak ceroboh dengan detail. Bolehlah pengiklannya berargumen, “Loh, ini’kan iklan regional, kita dubbing saja karena produksinya di Thailand.” atau mungkin juga pengiklannya ceroboh dan tak peduli. Atau memang tenggat waktu yang kian mepet di jaman yang kian kompetitif ini. Apapun…

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 15, 2008 inci advertising, business, kompetisi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: